Senin, 26 Januari 2009

TIP HIDUP SEHAT


Apa itu hidup sehat? Semua kita pasti mendambakan hidup sehat. Siapapun kita, entah tua, muda, kaya, miskin, bangsawan hingga rakyat biasa. Entah kenapa masih banyak dari kita belum mampu menikmati rahmat dari yang Maha Kuasa ini. Bertambah maju dan modernnya pola hidup manusia dewasa ini semakin bertambah banyak jenis penyakit dan penderitanya. Tanda tanya besar bagi kita semua sebagai golongan orang berfikir tentunya. Kenapa semua itu mesti terjadi? Apakah Allah SWT sudah tidak sayang lagi pada hambanya?

Semua itu jawabnya sangat mudah dan sederhana saja. Mari kita lihat dan renungkan bersama, kenapa orang-orang tua kita dahulu kala sehat dan kuat-kuat. Semua itu berawal dari kebiasaan hidup yang mereka anut dan fahami. Meskipun mereka tidak pernah mengenal kata modernisasi, kurangnya pendidikan dan segala macam sentuhan tekhnologi.

Hal ini yang sejak beberapa tahun lalu jadi tanda tanya saya, yang membuat saya melakukan penalaahan sederhana dengan cara bertukar fikiran dengan orang-orang tua tentang resep rahasia hidup sehat mereka. Sungguh saya yang merasa sudah cukup menimba aneka pendidikan mendadak menjadi tercenung dan sangat bodoh sekali. Ternyata selama ini kita sudah cukup jauh terpengaruh pendapat-pendapat (pakem) yang tidak tepat mengenai hidup sehat dari banyak orang. Salah satunya bahwa semua sakit itu karena Allah SWT yang memberikan.

Resep hidup sehat yang akhirnya kami temukan ternyata begitu simple alias sederhana. Penyakit itu memang diturunkan dan ditebarkan ke dunia oleh Allah SWT, Sang Maha Penguasa. Tapi hanya sebahagian kecil saja yang ditimpakan langsung kepada hambanya sebagai cobaan dan biasanya tidak berupa penyakit berat. Nah lho kok bisa begitu? Karena Allah SWT tidak akan menimpakan sesuatu cobaan apapun yang melebihi takaran kemampuan hambanya.

Kalo begitu bagaimana dengan yang ditimpa dengan penyakit berat dong? Itu diperoleh dari kebiaasaan hidup masing-masing kita, manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimilikinya dan merasa melakukan segala sesuatu, dan beranggapan seakan-akan dia itu adalah tuhan. Sehingga semua aturan dari Allah SWT, tuhan dari segala tuhan diabaikan dan cenderung diabaikan.

So What? Kalo mau hidup sehat ya intinya dari sekarang kita harus me-reset / tata kembali hidup kita supaya kita benar-benar mendapatkan kebahagiaan berupa Hidup Sehat. Dengan cara Memperbaiki dan Menjaga tata cara hidup sehat , berupa menjaga kesehatan dan kebersihan badan, fikiran, hati, dan tingkah laku.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Badan
Dengan secara rutin mandi dan memelihara wudhu, karena dengan mandi dan wudhu dapat mencegah masuknya penyakit dari lima pintu tubuh. Makan makanan yang benar-benar sehat bukan yang benar-benar enak, dan sesuai tuntunan Allah SWT dan Sunah Rasullullah yakni makanlah kita ketika benar-benar lapar dan hentikan sebelum kenyang dsb. Biasakan berolah raga ringan seperti senam dan jalan santai 15-30 menit sebelum melakukan aktifitas apapun, belajar ataupun bekerja. Selanjutnya memakai pakaian pakaian yang bersih dan baik bukan yang diatur oleh mode, tapi pakaian yang bahannya baik dan potongan cukup indah yang dapat menjaga kita dari perubahan cuaca dan kehormatan si pemakainya. Rutin melakukan pemeriksaan rutin terhadap mulut, hidung dan telinga kita. Serta menghindarkan hal-hal tidak baik untuk kesehatan diri kita seperti merokok, minum-minaman beralkohol, narkoba, melakukan hubungan diluar nikah, dsb.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Fikiran
Tanamkan sedini mungkin dalam diri kita dan keluarga kita untuk senantiasa menggunakan akal fikiran yang baik dalam melakukan semua hal. Jangan biarkan fikiran anda jauh dari mengingat Allah SWT, dengan menghindari semua larangan-Nya dan menjalankan semua tuntunan-Nya. Tuntutlah ilmu dan pengetahuan seluas-luasnya baik ilmu dunia dan juga ilmu agama. Hindari bergaul dengan orang-orang yang tidak menggunakan akal sehat yang lebih cenderung memperturutkan hawa nafsu, dsb.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Hati
Kendalikan dan kontrol semua keinginan hawa nafsu, karena sesungguhnya hawa nafsu itu letaknya di tempat yang paling rendah di dalam hati. Hindari sifat dengki, hasad, su'udzon, emosional, tamak, egois dsb.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Tingkah laku
Lebih ditekankan kita mampu menjaga sikap kita baik itu dalam berbuat maupun berkata-kata. Hal ini sebenarnya adalah cerminan dari sejauh mana kita mampu menjaga kesehatan dan kebersihan badan, fikiran dan hati. Yang akan tergambar dari kebiasaan kita sehari-hari.

Dan kesimpulan akhir yang ingin saya sampaikan adalah apabila kita telah mampu melakukannya dengan niat penuh dan sungguh-sungguh, maka hidup sehat dapat kita raih. Dan kebahagiaan sejati dapat kita nikmati dengan sepenuhnya. Amin..

Boekittinggi, 26 Januari 2009

Rusdi Yanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim komentar apapun yang membangun..!